Monday, May 14, 2007

Here's the Indonesian Translation of a recent article about Aim:-


Ketika Perbedaan menjadi Tujuan

Pemain baru berteknologi tinggi dalam sector pendidikan Bahasa Inggris di Jakarta.

Oleh David Keating.

Jakarta, 5 Mei 2007

Mempelajari dan menggunakan Bahasa Inggris kini telah menjadi bagian penting dalam kehidupan banyak orang di Indonesia. Sejak usia yang masih sangat muda, anak-anak mulai mempelajari Bahasa Inggris di sekolah mereka dan ini berarti mayoritas orang Indonesia yang telah menyelesaikan pendidikan formalnya setidaknya memiliki pengetahuan dasar mengenai prinsip-prinsip Bahasa Inggris.

Selain itu, orangtua juga semakin menyadari bahwa apabila anak-anak mereka mendapatkan pendidikan Bahasa Inggris selangkah lebih maju dari sekedar apa yang diajarkan di sekolah maka anak-anak ini akan memiliki ‘head start’ dibanding teman-teman sebaya mereka ketika mereka ingin memasuki pendidikan tinggi dan pasar kerja. Keluarga-keluarga modern (terutama yang tinggal di kota-kota besar) memasukkan Bahasa Inggris ke dalam kehidupan sehari-hari anak mereka sejak usia dini melalui percakapan dalam keluarga dan kursus-kursus Bahasa Inggris yang dilakukan sepulang sekolah. Sebagai akibat dari meningkatnya tuntutan akan pendidikan Bahasa Inggris ini, jumlah tempat kursus Bahasa Inggris pun meningkat, dan trend ini sangat jelas terlihat di ibukota Indonesia, Jakarta.

Beragam kursus Bahasa Inggris ditawarkan bagi kalangan muda di Jakarta, mulai dari kursus ‘privat’ dengan guru perorangan hingga berbagai jenis program yang ditawarkan oleh begitu banyak kursus Bahasa Inggris komersil di kota Jakarta. Sekarang ini terdapat bermacam kursus Bahasa Inggris yang ditujukan untuk orang-orang yang memiliki latar belakang yang berbeda dan tujuan-tujuan yang berbeda pula:

Academic English, Business English, IELTS preparation, General English, Conversation, TOEFL preparation, writing classes, business communication, ESP(English for Specific Purposes)… dan masih banyak lagi…

Ada dua pertanyaan yang akan dijawab di sini:

1. Apa yang dijadikan pertimbangan oleh para siswa ketika mencari tempat kursus Bahasa Inggris di Jakarta?

2. Di mana semua kebutuhan mereka dapat terpenuhi?

Apa yang dijadikan pertimbangan oleh para siswa ketika mereka mencari tempat kursus Bahasa Inggris di Jakarta?

Sebuah penelitian pasar yang dilakukan untuk www.aimjakarta.com, dan dikombinasikan dengan penyelidikan mendalam, menunjukkan bahwa ada 5 faktor yang menempati posisi teratas dalam memilih tempat kursus Bahasa Inggris di Jakarta, yaitu sebagai berikut (1=paling penting, 5=kurang penting):

1. Guru yang berpengalaman dan mengajar dengan cara yang menyenangkan.

2. Fasilitas dan layanan pendukung

3. Lingkungan belajar yang nyaman

4. Biaya yang terjangkau

5. Dekat dengan rumah/kantor

Di mana semua kebutuhan mereka dapat terpenuhi?

Dengan begitu banyaknya tempat kursus dan guru-guru Bahasa Inggris, Jakarta sebenarnya telah mampu memenuhi tiap-tiap faktor yang disebut di atas. Namun, hanya ada sedikit institusi yang mampu menawarkan keseluruhan faktor di atas secara bersamaan dan sekaligus memberikan lebih banyak lagi. Pemain baru dalam wacana kursus Bahasa Inggris di Jakarta adalah ‘Aim for English’, sebuah tempat kursus yang berlokasi di Manggarai, yang menawarkan ‘personal touch' pada kursus-kursus, fasilitas dan layanan yang saat ini belum ada duanya di Indonesia.

Solusi bahasa yang inovatif

1. Guru-guru yang berpengalaman dan mengajar dengan cara yang menyenangkan

Aim for English (Aim) memiliki guru-guru yang berasal dari Indonesia dan dari negara-negara yang menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa asli. Kesemua guru tersebut memiliki kesamaan: - mereka memiliki kualifikasi yang diakui oleh dunia internasional, pengalaman bertahun-tahun dalam mengajarkan Bahasa Inggris kepada orang Indonesia, dan ketertarikan serta hasrat yang tulus dalam hal Bahasa Inggris dan mengajar. Tidak seperti beberapa tempat kursus yang kurang memiliki reputasi baik, para pengajar native-speaker di Aim adalah guru-guru yang profesional (bukan sekedar backpacker atau pengelana yang kebetulan mendapat pekerjaan mengajar).

Pelatihan dan pengembangan kemampuan bagi guru merupakan proses yang berkelanjutan di Aim, dan seluruh staf senantiasa berupaya mencapai kesempurnaan.

2. Fasilitas dan layanan pendukung

Fasilitas yang ada di Aim membuat tempat kursus ini berbeda dari tempat-tempat kursus yang lain. Pendekatan yang digunakan Aim yaitu penggunaan teknologi tinggi, dengan adanya papan tulis interaktif touch-screen whiteboard ‘Smart’ di ruang kelas dan kegiatan listening yang menggunakan MP3. Tak ada lagi hari-hari belajar yang masih menggunakan kaset dan papan tulis kapur; kegiatan listening kini dikendalikan dari papan tulis interaktif dan didengarkan melalui 5.1 digital surround-sound speakers.

Interior ruangan pada gedung Aim mewujudkan tempat yang modern, cerah dan memberikan stimulasi untuk belajar atau relax. Begitu anda melangkah melewati pintu gedung yang terletak di tepi jalan Padang ini, anda akan memasuki lounge-café yang sejuk, dikelilingi oleh sebuah area komputer, perpustakaan, dan tempat-tempat duduk yang nyaman untuk membaca koran dan menikmati secangkir kopi yang baru saja dibuat. Setelah mendaftar, siswa Aim akan mendapatkan akses untuk menggunakan wireless internet secara gratis, dengan broadband connection berkecepatan tinggi di setiap sudut ruang duduk dan kelas-kelas.

Yang juga menarik untuk dicatat adalah papan pengumuman Aim yang berbeda dan unik yaitu berupa ‘e-notice board’. Para pemilik Aim memutuskan untuk tidak lagi menggunakan papan tradisional dan sebagai gantinya digunakan sebuah display layar proyektor raksasa di dinding kafe. Display ini menjadi portal untuk berita-berita terbaru, acara khusus, penawaran promo, jadwal, dan pesan-pesan. Solusi inovatif ini merupakan bagian dari keinginan Aim untuk menghemat penggunaan kertas. Strategi lain yang digunakan yaitu mengirimkan PR kepada siswa lewat email, menggunakan dua sisi kertas, dan kemudian mendaur ulang kertas tersebut. Kebijakan yang ramah lingkungan ini membantu menjaga agar biaya kursus yang harus dibayar oleh siswa menjadi terjangkau.

3. Dekat dengan rumah/kantor

Secara geografis, Aim berada di jantung kota. Anda tinggal membuka ‘Google! Earth’ dan anda akan melihat bahwa Aim berada tepat di bawah penanda untuk kota ‘Jakarta’!

Akses yang mudah dapat dicapai dari berbagai wilayah tempat tinggal di Jakarta serta dari distrik utama perkantoran di Sudirman dan Kuningan.

Kelas-kelas Aim sangat kecil (biasanya berjumlah 6-8 siswa), sehingga dengan demikian siswa menerima lebih banyak perhatian dari guru. Di luar kelas, siswa dapat menghubungi guru mereka melalui email atau sms 7 hari dalam seminggu, dan siswa juga dapat bercakap-cakap dengan para guru di kafe sesering mungkin.

Aim juga menampilkan ‘Overseas Study Information Centre’ yang tidak memihak, yaitu sebuah pusat informasi mengenai pendidikan di luar negeri di mana siswa dapat mengetahui berbagai hal mengenai belajar di luar negeri, mendapatkan bantuan untuk mengurus aplikasi, dan saran mengenai proses penerimaan serta visa pelajar.

Sepertinya dapat disimpulkan bahwa mereka yang mencari tempat kursus Bahasa Inggris yang memberikan personal touch dapat menemukan apa yang mereka cari di jantung kota Jakarta. Pada website www.aimjakarta.com terdapat detail mengenai staf, kursus yang ditawarkan, fasilitas, dan penawaran promo yang sedang berlangsung.

Kunjungi forum Aim; di sini terdapat kesempatan bagi siapapun untuk mendapatkan saran gratis secara online dari para pakar Bahasa Inggris.

Hubungi: info@aimjakarta.com untuk informasi lebih lanjut.

No comments: